Rabu, 28 Oktober 2009

Partition magic

TUTORIAL PARTITION MAGIC
Install Patition Magic 8, klik setup dan klik next jika ditanyakan serial number masukkan serial :

111111111111111111

Jika ada pertanyaan untuk membuat rescue disk klik no.

Kemudian start program partition magic, klik start  all program  Power QuestMagic Partition8  partitionmagic8



Berikut adalah tampilan programnya :





Jumlah disk dan partisinya bergantung pada jumlah hardisk dan partisi yang anda punya.

Untuk membagi hardisk/partisi bisa dilakukan dengan cara Klik pada partisi yang akan dibagi misalkan drive D akan dibagi menjadi 2 bagian :




Kemudian klik Create a New Partition




Tampil berikut :




Klik Next

Kemudian pilih lokasi tempat partisi yang baru ditempatkan misalkan seperti dibawah :



Klik Next.
Karena yang akan dibagi adalah drive D maka hilangkan tanda centang dari drive lain atau sesuaikan dengan keinginan anda :




Kemudian tampil halaman berapa banyak dari drive D yang akan dialokasikan untuk partisi yang baru silahkan disesuaikan misalkan untuk saya seperti dibawah :




Setelah selesai klik next. Akan tampil halaman berikut :




Jika sudah yakin klik finish.




Jika sudah yakin klik Apply untuk benar-benar membuat partisinya, jika tidak yakin klik Undo dan ulangi langkah dari awal sampai benar.




Klik Yes.




Jika ada pernyataan harus restart klik OK maka proses partisi akan segera dilakukan.

Terima kasih



Partition Magic
PartitionMagic adalah program komputer untuk partisi hard disk drive awalnya dibuat oleh PowerQuest korporasi namun kini dimiliki oleh Symantec. Program ini berjalan pada sistem operasi Microsoft Windows atau dari bootable CD-ROM dan memungkinkan penciptaan dan modifikasi dari partisi. Partisi yang ada dapat diubah tanpa kehilangan data.

Fasilatasnya :

* Membagi sebuah harddisk menjadi dua atau lebih partisi
* Anda aman menjalankan beberapa sistem operasi pada PC yang sama
* BootMagic memudahkan untuk beralih di antara berbagai sistem operasi
* Memungkinkan Anda untuk menyalin, memindahkan, mengubah ukuran, memecah, atau gabungan yang diperlukan partisi tanpa kehilangan data
* How-to Wizards memandu Anda langkah demi langkah melalui proses partisi
* Windows intuitif berbasis browser memungkinkan Anda menemukan, copy dan paste file di kedua Windows dan Linux ® partitions
* Memungkinkan Anda untuk membuat dan mengubah partisi hingga 300 GB *
* Mendukung USB 2.0, USB 1.1 dan FireWire ® external drives **
* Supports FAT, FAT32, NTFS, Ext2, ext3 dan file sistem
* Mengkonversi antara partisi FAT, FAT32, dan NTFS tanpa kehilangan data
* Memungkinkan Anda untuk memperbesar sebuah partisi NTFS tanpa restart komputer Anda
* NTFS Resizes sistem kelompok yang paling efektif untuk ukuran

Seri tebaru partition magic
Easeus Partition Manager

Bagi yang pernah/sering utak-atik Hardisk pasti tidak asing dengan program Partition Magic, software untuk mem-partisi hardisk dengan mudah. Saat ini (sebenarnya sudah agak lama ) ada alternatif gratis yang tidak kalah fiturnya. Easeus Partition Manager Home Edition, yang baru saja merilis versi terbarunya. Tampilannya pun mirip partition magic.
Versi baru ini (Easeus Partition Manager 3.0 Home Edition), menambahkan fitur baru, yaitu Disk Copy Wizard, Partition Copy Wizard untuk memproteksi data dan mendukung hardisk yang berukuran 1.5 TG. Berikut selengkapnya.

Fitur-fitur Utama Easeus Partition Manager
• Mengubah ukuran partisi (Resize) tanpa menghilangkan data. Untuk memperkecil ukuran partisi, maka harus mempunyai space kosong, sedangkan untuk memperbesar partisi, maka harus ada space kosong di partisi yang ada disampingnya.
• Disk Copy, fitur baru di versi 3.0. Fasilitas ini bermanfaat jika kita ingin mengganti hardisk yang berukuran kecil ke hardisk baru yang berukuran lebih besar, tanpa menginstall sistem operasi dan aplikasi yang ada didalamnya. Mendukung copy sector by sector dan juga copy file by file. Copy file by file akan jauh lebih cepat daripada sector by sector. Fitur ini dapat djalankan jika ukuran hardisk baru lebih besar atau sama dengan hardisk lama yang ingin dicopy. Jika ukuran lebih besar, maka sisanya bisa di format menyusul. Info lengkap Disk Copy
• Partition Copy, fitur ini hampir sama seperti Disk Copy, hanya saja untuk satu partisi, bukan keseluruhan hardisk.
• Membuat dan menghapus partisi dengan langkah yang sederhana. Untuk membuat partisi, klik kanan space yang kosong (belum dialokasikan) dan pilih Create. Untuk menghapus partisi (data akan hilang), juga bisa melalui menu klik kanan.
• Menyembunyikan partisi dan Menampikan kembali Partisi yang tersembunyi. fasilitas ini bermanfaat jika kita ingin partisi tertentu tidak ditampilkan (untuk mencegah akses pihak-pihak tertentu). Untuk menampilkan kembali klik hardisk yang disembunyikan dan pilih Unhide. Untuk memanfaatkanfitur ini, maka gunakan menu password di Program ( General > Set Password).
• Memformat Partisi hardisk.
Selain fitur utama tersebut, Software ini mendukung sistem operasi Windows 2000/XP/Vista. Bisa digunakan untuk Flashdisk, Hardisk PATA, SATA, STA II, SCSI,S-SATA Raid dan lainnya. Juga seperti pernah di sebutkan dalam artikel sebelumnya (Memperbaiki Hard disk yang terkena Bad Sector ) Software ini bisa digunakan untuk memperbaiki hardisk yang terkena bad sector (secara software, bukan rusak fisik).
Langkah-Langkah Melakukan Partisi Harddisk
Jika, anda belum mempunyai software PartitionMagic, anda dapat membelinya atau mengunduhnya dari internet. Saya berasumsi bahwa anda sudah mempunyaisoftwareersebut.

Cara membuat partisi harddisk menggunakan PartitionMagic :

1. Buka PartitionMagic 8.0

2. Setelah PartitionMagic 8.0 terbuka, klik nama harddisk anda ( Disk 1 ) pada bagian sebelah kanan atas window PartitionMagic 8.0
3. Pada bagian pick a task… ( lihat sebelah kiri atas window PartitionMagic 8.0 ) pilih Create an new partition
4. Pilih Next untuk melanjutkan
5. Pilih harddisk yang akan kita paritisi, lalu pilih Next
6. Pilih lokasi partisi, untuk contoh ini silahkan pilih After C: (Recommended)
7. Tentukan besar partisi yang diinginkan di bagian size dengan melihat informasi yang terletak di sebelah kanan kotak tersebut ( Maximum Size & Minimum Size ), setelah itu pilih Next
8. Tentukan besarnya partisi yang diinginkan, maka akan ditampilkan perkiraan partisi harddisk sesuai data yang anda masukkan tadi. Jika sudah yakin dengan besarnya partisi harddisk yang diinginkan, tekan tombol Finish
9. Klik tombol Apply yang ada di bagian kiri bawah window PartitionMagic 8.0
10. Jika tampil window konfirmasi, silahkan anda pilih Yes atau OK, untuk memulai proses mempartisi harddisk.
Setelah anda selesai melakukan langkah-langkah di atas, maka windows akan me-restart untuk memulai proses mempartisi harddisk anda, silahkan anda tunggu proses tersebut hingga selesai.
Oh ya, sesuai pertanyaan, untuk menghapus partisi suatu drive, anda hanya tinggal mengarahkan ke drive yang ingin dihapus, lalu klik kanan, maka akan muncul menu. Pilih saja delete partition.
Peringatan : Jangan menekan tombol apapun setelah komputer anda restart, untuk menghindari gagalnya proses partisi tersebut, karena saya pernah punya pengalaman, setelah menekan tombol dengan harapan bisa mempercepat proses restart, tapi kemudian terlihat seperti sedang “hang”, akhirnya saya restart lagi, datanya malah hilang. Hati-hatilah.
Tambahan : Sebetulnya ada cara yang singkat tanpa menggunakan software dari fihak ketiga, yaitu menggunakan Fdisk atau di OS Windows sendiri ada, yaitu menggunakan Disk Management.

Selamat mencoba!!!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar